Pembelajaran IPS pada tahun pelajaran 2021/2022 pada kelas 7 di SMPN 3 Cipatat mengalami perubahan paradigma baru dalam pembelajaran IPS, hal ini dikarenakan adanya program sekolah penggerak di SMPN 3 Cipatat mulai diterapkan.
Dalam penerapan pembelajarannya diharapkan peserta didik lebih "BERKARYA" yang dilandasi dengan profil pelajar pancasila sebagai tujuannya dan melalui Program Sekolah
Penggerak di SMPN 3 Cipatat kita upayakan peserta didik generasi penerus bangsa ini menguasi
perkembangan teknologi dan untuk memuwujudkannya dimulai dengan pembelajaran yang menghasilakan tugas yang dituangkan melalui desain-desain yang kreatif siswa-sisiwi SMPN 3
CIPATAT diantaranya pada saat
pembelajaran IPS. Berikut adalah Tema yang sudah dipelajari pada pembelajaran IPS di SMPN 3 Cipatat;
TEMA : Keberadaan diri dan Keluaraga
TUJUAN PEMBELAJARAN : Mendeskripsikan Sejarah Asal Usul Keluarga.
Diharapakan setelah belajar asal usul keluarga peserta didik kelak akan menjadi orangtua, kakek, nenek atau kedudukan keluarga lain yang akna diingat oleh generasi selanjutnya dan dapat dijadikan bahan informasi sejarah dan untuk menyeimbangkan otak kiri dan kanannya peserta didik membuat laporan tentang keluarganya melalui pohon keluarga dengan menggunakan aplikasi. Hasil karya peserta didik bisa dilihat pada Gb. 1 dibawah;
Gb. 1. Hasil Karya Siswa |
TEMA : Mengenal Lokasi Tempat tinggal
Sub Tema : Letak dan kondisi wilayah indonesia
Peserta
didik diberikan materi melalui flipbook
agar memiliki pengetahuan awal tentang kondisi wilayah Indonesia dan
mengerjakan LKPD dengan menganalisis gambar letak astronomi Indonesia materi dapat dilihat disini
Kemudian
produk laporannya dengan membuat mindmapping hal ini bertujuaan untuk menggali
potensi anak dengan bekerja lebih dominan pada otak kanan. Hasil karya peserta didik dapat dilihat pada Gb.2 dan 3 dibawah ini;
Gb. 2. Hasil Karya Siswa |
Gb. 3. Hasil Karya Siswa |
TEMA : Pemahaman Lokasi Melalui Peta
Dengan mengamati peta Kabupaten Bantul Yogyakarta peserta didik dapat menemukan komponen atau unsur-unsur yang ada pada peta juga mencari tahu tentang fungsi peta.
Produk yang diharapkan yaitu setelah peserta didik mengetahui komponen dan fungsi peta kemudian dilanjutkan peserta didik memmbuat peta sederhana lokasi dari rumah menuju sekolah, dengan menggunakan pembelajaran abad 21 atau 4.0 untuk mengasah otak kanannya. Hasil karya peserta didik dapat dilihat pada Gb. 4 dibawah ini;
Gb. 4. Hasil Karya Siswa |
Demikian pembelajaran IPS di SMPN 3 Cipatat dengan menerapkan program sekolah penggerak yang sudah diterapkan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dan diharapkan masukan dan sarannya sehingga dapat memperbaiki segala bentuk kekurangan.
Penulis
Nina Ambarawati, S.Hum